Pengertian Sendi dan Macam-Macam Sendi

Pengertian Sendi dan Macam Macam Sendi

Sendi adalah hubungan antara dua tulang atau lebih, Nama lain dari sendi adalah Artikulasi. Otot dengan tulang dihubungkan oleh jaringan ikat yang dinamakan tendon. Sendi membuat tulang-tulang dapat digerakan. Untuk memperkuat sendi dan memudahkan pergerakaan, dibutuhkan beberapa komponen penunjang seperti :


  • Ligamen

Ligamen adalah jaringan ikat yang berfungsi mengikat bagian luar ujung tulang yang membentuk persendian, Selain itu, adanya ligamen juga dapat mencegah berubahnya posisi tulang (dislokasi).

  • Kapsul
Kapsul adalah lapisan serabut yang berfungsi melapisi sendi dan menghubungkan dua tulang yang membentuk persendian. Terdapat rongga di bagian persendian yang memiliki kapsul.
  • Cairan Sinovial
Cairan Sinovial adalah cairan pelumas yang ada dibagian kapsul.

Persendian yang memiliki bermacam-macam tipe persendian, dapat dikelompokan menjadi :

Diartrosis

Macam-macam Sendi Diartrosis

Diartrosis yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan yang sangat bebas. Komponen seperti kapsul dan cairan sinovial dimiliki oleh hubungan persendian seperti ini. Berdasarkan arah pegerakannya, persendian jenis ini dapat dikelompokan lagi menjadi :

  • Sendi peluru
Sendi peluru yaitu persendian yang memungkinkan gerakan ke segala arah. Hubungan persendian ini dapat ditemukan pada hubungan antara lengan atas dengan tulang belikat. dan  tulang femur dengan tulang pinggul.

  • Sendi putar
Sendi putar yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan berputar. Hubungan persendian ini dapat kita temukan pada hubungan pergelangan kaki dan tangan.

  • Sendi engsel
Sendi engsel yaitu persendian yang memungkinkan gerak satu arah. Hubungan persendian ini ditemukan pada hubungan ruas jari, siku, dan lutut.

  • Sendi Luncur
Sendi luncur yaitu persendian yang memungkinkan gerak tulang meluncur atau bergeser. Hubungan ini ditemukan pada hubungan ruas ruas tulang belakang.
  • Sendi pelana
Sendi pelana yaitu persendian yang memungkinkan terjadinya gerakan pelana. Hubungan persendian ini di temukan pada telapak tangan dan pergelangan tangan.

Amfiartrosis


Amfiartrosis adalah persendian yang memungkinkan terjadinya pergerakan yang sangat kecil. Hubungan persendian ini ditemukan pada hubungan tulang rusuk dengan tulang belakang, serta hubungan antar tulang belakang.

Sinartrosis


Sinartrosis  adalah persendian yang tidak memungkinkan pergerakan. Hubungan persendian ini ditemukan pada tulang tengkorak. Sendi ini memiliki dua jenis :

Sinakondrosis yaitu hubungan tulang yang dihubungkan oleh kartilago. Di dalam hubungan ini, kartilago terletak diantara dua ujung tulang yang berhubungan. Contohnya adalah hubungan antar tulang belakang.

Sinfibrosis yaitu hubungan tulang dihubungkan oleh serabut. Di salam hubungan tulang ini serabut terletak di antara dua ujung tulang yang berhubungan. Contohnya adalah hubungan tulang dahi dengan tulang tengkorak. Hubungan kedua tulang ini semakin kuat karena kedua ujung tulang bergerigi (sutura).

Gerak karena adanya persendian :

Fleksi dan Ekstensi. Fleksi adalah gerak menekuk atau membengkok sedangkan Ekstensi adalah gerakan meluruskan. Contohnya gerak pada siku dan lutut.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian Sendi dan Macam-Macam Sendi"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top